Minggu, 17 Maret 2013

Tugas Analisis & Perancangan Sistem Informasi : Menceritakan Pengalaman membuat Aplikasi Sistem Informasi

Sedikit cerita tentang pengalaman saya membuat aplikasi Sistem Informasi
Pengalaman saya membuat aplikasi Sistem Informasi ini adalah dimana pada semester 5 lalu saat saya membuat aplikasi Sistem Basis Data. Dimana tugas ini merupakan tugas kelompok adapun kelompok saya adalah : Arul Rudiana Putra, Esa Rizki, Panji Pawitra, dan Rudi Ismanto. Kelompok saya pun membuat aplikasi Basis Data tentang perhitungan pergudangan dengan seefisien mungkin.
Sedikit penjelasan tentang ide dan asal usul tentang pambuatan Aplikasi Basis Data pergudangan ini adalah berasal dari ide teman saya Rudi Ismanto. Ia memberikan ide pergudangan karena berasal dari perusahaan tempat kerja ayahnya yaitu PT Express Group.    
Kami pun mendiskusikan tentang hal ini bersama-sama. Setelah melalui diskusi dan perdebatan yang panjang akhirnya diputuskan untuk menggunakan pergudangan PT Express Group tempat bekerja ayahnya Rudi Ismanto untuk pembuatan tugas Sistem Basis Data ini.
Adapun mengapa kelompok saya mengambil materi dengan menggunakan data base adalah dikarenakan keuntungan yang dimiliki database, seperti : terpeliharanya kekonsistenan data, terkontrolnya kerangkapan data, keamanan data dapat terjamin, integritas data terpelihara, data dapat dipakai bersama-sama dan dapat distandarisasikan.
Dalam pembuatan Aplikasi Basis Data ini saya mencoba membahas bagaimana tentang pemasokan barang, dimana barang tersebut di kelompokan menjadi beberapa kelompok - kelompok yaitu : kode barang, nama barang, jenis barang, stok gudang, barang masuk, barang keluar, pengambil, kurir, tanggal kirim, harga per barang, dan total. Semua itu akan kita coba mengaplikasikannya dengan bahasa pemograman html yang berbasis data SQL. Yang bertujuan memudahkan bagi semua operator, namun lebih menekankan kepada operator pemula sehingga tidak terlalu rumit dalam mengoprasikannya.
Dimulai dengan membuka aplikasi tersebut, kemudian operator wajib memasukan password yang sesuai. Jika tidak sesuai akan tetap pada ketampilan password sampai password bisa pada interface yang ditampilkan, kemudian operator bebas memilih pengolahan pergudangan dengan memilih pengolahan pada kode barang, nama barang, jenis barang, stok gudang, barang masuk, barang keluar, pengambilan, kurir, tanggal kirim, harga per barang, dan total. Kemudian outputnya akan mudah dipahami oleh semua orang.
Cara Kerja aplikasi Basis Data kelompok saya adalah dengan cara menginput atau menyesuaikan data pada database dengan kondisi ketersediaan barang yang sebenarnya pada gudang.
Program yang saya gunakan adalah (html) dreamweaver di tambah dengan database. Sedangkan database yang saya gunakan adalah SQL. Aplikasi yang saya buat ini dapat digambarkan pada program lainnya seperti menggunakan program apache dan PHP. Alasan menggunakan database SQL adalah karena SQL merupakan data base yang menunjang tentang perhitungan pergudangan.
Tampilan pertama pada web, akan muncul 3 item pilihan : Barang Masuk, Barang Keluar, dan Stok Barang.
Jika kita memilih item barang masuk dan barang keluar, maka akan muncul form password. Masukan password pilih submit, maka akan muncul form penyimpanan dan barang keluar. Jika kita klik cancel, maka akan kembali ke halaman awal. Pada form barang datang, ketikan data sesuai dengan apa yang ada pada form. Jika kita klik back, maka akan kembali ke halaman awal.
            Pada form barang keluar, ketikan data sesuai dengan apa yang ada pada form.  Jika kita klik back maka akan kembali ke halaman awal. Jika kita klik submit, maka akan keluar resi pembelian. Sedangkan jika kita ingin mengecek jumlah barang sebelum kita membeli, maka klik stock barang pada home. Maka akan tampil form stock barang. Aplikasi basis data kelompok saya ini berdasarkan contoh dari salah satu gudang  Pt. Express Group.
Tujuan pembuatan aplikasi pergudangan ini adalah agar menyadarkan betapa pentingnya aplikasi Data Base. Adapun penggunaan aplikasi data base dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai penjualan, pembelian, pemasaran, pemasok barang, kasir, inventaris, gudang, pendaftaran, dan lain-lainnya.
Oleh sebab itu hendaknya kita sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Sistem Informasi memanfaatkan Data Base sebagai aplikasi yang kita kuasai. Karena akhir-akhir ini perusahaan semakin banyak mencari lulusan-lulusan kuliah yang handal dan ahli dalam mengusai Data Base. Hal inilah yang menjadikan alasan dari penggunaan teknologi basis data pada saat sekarang dalam dunia bisnis.
Kendala dalam pembuatan Aplikasi Basis Data ini adalah ketika saya membuat tampilan form barang keluar di SQL saya sempat hampir salah memasukkan data supplier dan courier.
Kesimpulan dari tugas Aplikasi Sistem Basis Data yang saya buat kali ini adalah bahwa Basis Data menyediakan fasilitas untuk mempermudah dalam mengakses informasi yang digunakan untuk pemakai dalam mendukung pengambilan keputusan.
Tak hanya pengambilan keputusan, Basis Data juga berguna dan bermanfaat dalam aplikasi kehidupan sehari-hari seperti : sebagai penjualan, pembelian, pemasaran, pemasok barang, kasir, inventaris, gudang, pendaftaran, dan lain-lainnya.

Semoga dengan sedikit curhatan ini menjadikan sebuah motivasi dan pelecut semangat bagi saya untuk selalu semangat dalam belajar dan mengakhiri kuliah ini dengan tepat waktu.

Nama               : Rachman Andriansyah
NPM               : 15110495
Kelas               : 3 KA 17
Mata Kuliah    : Analisis & Perancangan Sistem Informasi   
 Jurusan           : S1 – Sistem Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar