Kamis, 25 Oktober 2012

Makan Kacang Lancarkan Peredaran Darah

            Kacang merupakan makanan camilan yang sangat pas di makan pada saat terdapat acara seperti: arisan, meronda, menonton bola, menonton televisi, dan dalam acara-acara lain-lainnya. Kacang pun dapat membuat orang yang mengambilnya pun lupa dan tak dapat berhenti untuk terus mengambil dan mengambil. Sehingga berdampak negatif bagi orang yang memakan kacang tersebut sudah merasa kenyang dan tak ingin makan lainnya. Di balik efek negatif terdapat pula efek positif dan manfaat penting yang ada di dalam kacang.
Tidak perlu ragu untuk mengonsumsi kacang bila Anda tidak punya alergi atau pantangan terhadap makanan ini. Selain dapat mencegah serangan jantung & lemaknya cukup sehat, kacang juga mampu mencegah pembekuan darah. Alhasil peredaran darah berjalan lebih lancar.
Penyebabnya adalah, kolesterol yang dimiliki kacang berjenis HDL yang mampu melawan kolesterol jahat HDL. Sehingga, penimbunan plak dalam peredaran darah oleh lemak LDL bisa dicegah. Selain itu, lemak kacang turut berperan mencegah pembekuan darah.
Plak dalam pembuluh darah menjadi sebab kuat darah menjadi terhambat alirannya. Ketika tekanan darah naik, maka berpotensi menimbulkan masalah kardiovaskular dengan munculnya serangan jantung hingga stroke. Demikian menurut studi Mayo Clinic.
Belum sampai di situ, kandungan gizi lain dari kacang juga menanti. Kacang – baik dari jenis kacang tanah, almond, kacang mete, dan berbagai jenis kacang lain – punya serat yang baik bagi pencernaan. Selain itu, ditemukan pula kalsium, vitamin A, B kompleks, E, K, fosfor, lesitin, kolin,  protein, hingga zat besi yang bermanfaat bagi tubuh.
Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan berbagai jenis pengolahan.  Satu lagi, dalam kacang juga dijumpai kandungan antioksidan yang bernama selenium. Antioksidan dikenal sebagai zat antiradikal bebas yang dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Jadi, tidak perlu ragu untuk mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dan secukupnya. Selain nikmat, tubuh pun ikut sehat.
So, Lebih banyak efek positifnya di banding efek negatifnya kan teman-teman.. :)
http://sidomi.com/121824/makan-kacang-lancarkan-peredaran-darah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar