Rabu, 10 April 2013

Hebohnya Pasar Malam Indonesia di Belanda

             Tak kurang dari lima belas ribu orang mengunjungi Pasar Malam Indonesia yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda pada 20-24 Maret 2013 di Den Haag, Belanda.
            "Pada hari ke empat penyelenggaraan PMI jumlah pengunjung kira-kira mencapai lima belas ribu," kata Ketua Panitia Pasar Malam Indonesia yang juga menjabat Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI di Den Haag George Lantu di Den Haag, Minggu (24/03).


            Menurutnya, Pasar Malam Indonesia 2013 merupakan penyelenggaraan yang ke empat kalinya sejak 2010 dan selalu menyedot perhatian tidak hanya masyarakat Indonesia, tapi juga warga Belanda serta masyarakat internasional mancanegara lainnya.
            "PMI merupakan ajang promosi Indonesia terbesar yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri Indonesia di seluruh dunia," jelas George seraya menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi ajang promosi terpadu dan komprehensif Indonesia di bidang perdagangan, pariwisata, investasi (TTI), serta promosi kekayaan seni budaya dan kuliner Indonesia kepada publik Belanda, Eropa, serta mancanegara secara luas.
            Dia mengatakan Indonesia memiliki nilai penting bagi Belanda dan demikian pula sebaliknya. Di bidang ekonomi hubungan kedua negara ini semakin kuat karena delapan puluh persen produk ekspor Indonesia yang masuk pasar Eropa dilakukan melalui pelabuhan Rotterdam.
            "Belanda penting bagi Indonesia, demikian juga Indonesia bagi Belanda. Oleh sebab itu hubungan diplomasi Indonesia dengan Belanda dibangun dengan prinsip kesetaraan," jelas George.
            Sementara itu di bidang pembangunan infrastruktur Indonesia juga membangun kerja sama dengan Belanda khususnya untuk pelabuhan laut dan bandar udara karena pemerintah menilai bandar udara Schiphol dan pelabuhan Rotterdam merupakan salah satu yang terbaik di dunia.
            Secara sosial-demografi hubungan Indonesia dengan Belanda juga dinilai cukup istimewa karena warga Indonesia yang berada di Belanda merupakan yang terbanyak di Eropa yakni mencapai 16.000 jiwa yang tercatat di KBRI.
            "Selain itu dari tujuh belas juta total penduduk Belanda, dua juta warga memiliki hubungan dengan Indonesia, entah kakek atau neneknya atau salah satu dari orang tuanya orang Indonesia, atau pernah menetap di Indonesia," ujar George.
            Sebagaimana PMI sebelumnya, PMI tahun 2013 mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah, BUMN maupun swasta. Diantaranya adalah Garuda Indonesia Airlines, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kooperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota Semarang, Pemerintah Kota Bogor, Bank Rakyat Indonesia, Asosiasi Pengusaha Wanita Indonesia, GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), PT Angkasa Pura II, PT. Pelindo I, IV, dan PT Indofood.

Analisis Saya : Kita sebagai warga Negara Indonesia harusnya berbangga dengan adanya Pasar Malam Indonesia, karena dengan adanya Pasar Malam Indonesia di Belanda dapat memajukan budaya Bangsa Indonesia dan menarik minat wisatawan asing untuk mengenal lebih dalam bangsa Indonesia. Kini kedutaan kedutaan Indonesian telah memulakan membiayai pasar malam Indonesia tahunan, terutamanya untuk mempromosi perniagaan Indonesian dan meningkatkan hubungan Belanda-Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar