1. Setel Klep
Celah klep terlalu longgar atau
rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas
lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, tentu efeknya, Bensin banyak
terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi
motor masing-masing.
2. Setel Kopling
kalu kamu mau menyetel kopling,
pastikan stelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling
ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Ini akan membuat kopling
mudah selip saat gas di pelintir, otomatis lari motor pun jadi tertahan, tapi
putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih
berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
3. Busi
Umur kerja busi, efektifnya sampai
jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil
pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian Bensinpun jadi boros,
sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo.
Bila umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab
bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan
busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg
di anjurkan.
4. Filter Udara
Filter jenis viscous element tak
boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter
dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor harus
diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi
Bensin, tarikan motor pun jauh lebih enteng.
5. Servis/Setel
Karburator (tidak berlaku untuk injeksi).
di anjurkan tiap kali servis rutin
dilakukan setel karburaktor guna menghindari spuyer atau saluran bensin
tersumbat kotoran. jadi akan selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yg
sempurna. selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air
screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat,
dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit
konsumsi Bensin.
6. Menaikan
Kompresi.
Penaikan kompresi ini langkah
meningkatkan torsi mesin di putaran bawah, jadi saat berakselerasi awal, tidak
perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun jadi irit. Tentu proses peninggian
kompresi mesin tak ekstrem harus papas head, melainkan cukup mengurangi ketebalan
paking atau mengganti pistone berdome tinggi.
7. Upgrade Sistem
Pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat
mempengaruhi performa dapur pacu. makanya, dicoba dengan memasang oil cooler.
Untuk motor penganut sistem pendingin cair, bila ingin suhu radiator dan mesin
tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas
pendingin.
Upgrade mesin ditujukan buat motor
berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yang
aus. Misal ring piston lemah, clearence piston sudah terlalu longgar dan
lainnya, cukup mengembalikan kepresisian komponen itu jadi normal lagi, maka
selain tenaga mesin meningkat, pemakaian Bensin juga lebih irit.
8. Cek Tekanan Ban
Hal ini terlihat sepele, tapi besar
manfaatnya dalam menghemat konsumsi Bensin. Karena kalau tekanan angin kurang,
dapat menimbulkan keborosan Bensin 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor
kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
9. Cek Kondisi
Roda
Selalu cek kondisi Roda sepeda motor
kamu, contoh dari kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya. Sebab
apabila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat laju
motor. Pemicunya pelek tidak center(speleng), bearing roda aus atau kurang
pelumasan dan sebagainya.
10. Atur Jarak Main
Rem.
Apabila rem sampai menempel, tentu
akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama
jarak tempuh motor. Untuk itu, atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun
belakang minimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu
rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
11. Pelumas
Daya lumas oli yg baik mampu membuat
kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar
sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor
lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli
secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM)
akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran yang lancar.
12. Pakai Fuel Saver
Tidak haram jika mau aplikasi “part”
pengirit bensin kayak: power FX -femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab
berdasarkan hasil riset, “part” itu memang terbukti mampu menekan pemakaian
bensin hingga 10%.
13. Upgrade Pengapian
Busi berperan penting bagi tenaga
mesin. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi
peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil
racing. Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi Bensin di
motor.
14. CDI Racing (tidak
berlaku untuk ECU)
Mengingkatkan power mesin sekaligus
ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian. Umumnya dibikin lebih maju
dari timing standartnya. Paling gampang, ganti otak pengapian dengan CDI tipe
racing. Penerapan langkah ini dapat mengefisiensikan pemakaian Bensin hingga
15% lo.
15. Ringankan Beban Motor.
Motor yg berat bikin lari ikut
berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam saat mau berakselerasi
cepat. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat
membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yang berbobot enteng/ringan.
Misal pelek alumunium, swing arm dan sebagainya.
16. Gunakan BBM Sesuai
Karakter Motor.
Bila misalnya motor kamu hanya perlu
menggunakan Bensin dari jenis premium, tak perlu kamu ganti dengan pertamax
atau pertamax plus hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih kencang.
Pabrik sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan
jenis Bensin.
Untuk contoh di atas, memang motor
ber-bensin premium akan lebih kencang bila diberi pertamax. Tapi, itu akan
membuat motor bersangkutan mengonsumsi Bensin lebih banyak (yang pasti harganya
lebih mahal). Demikian pula sebaliknya. kalau motor memang direkomendasikan
harus menggunakan pertamax, jangan menurunkan kualitas dengan memakai Bensn
premium. Selain akan membuat mesin ngelitik, penurunan spesifikasi bensin yang
digunakan justru akan membuat motor boros.
17. Posisi Duduk Anda
Ini adalah cara paling simple. Coba
untuk duduk sedikit lebih kedepan dari posisi duduk awal ini berpengaruh pada
sok belakang dan membuat motor lebih ringan dan tentunya lebih irit.
18. Cara Berkendara
Kesemua cara ngiritin Bensin ini
akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yang benar. Jika kamu masih
suka kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip
kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan
waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan
putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi Bensin motor akan jauh lebih irit.
Analisis Saya : Alhamdulillah
akhirnya terjawab juga pertanyaan saya, hehehe. Iya nih, akhir-akhir ini motor
saya pun sangat boros sekali bensin (bahan bakarnya) dan ketika saya mencari
tahu dan menemukan artikel ini, akhirnya saya mengerti mengapa bensin motor
saya boros. Oleh sebab itu hendaknya kita lebih memperhatikan motor kita,
jangan lupa untuk selalu menservice secara teratur dan mengganti olinya serutin
mungkin. Untuk informasi lengkapnya dapat
dilihat dan dikunjungi pada Sumber yang tertera di bawah ini.
Sumber
: http://otopaper.com
Dikutip
dari : http://konsultasimotor.blogspot.com/2013/02/cara-agar-bensin-motor-tidak-boros-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar