Rabu, 13 November 2013

Waspada Dengan Film Superhero!

Hendaknya kepada Orang Tua Untuk Lebih Mengawasi Anaknya Dalam Menonton Film Superhero

Vemale.com - Anak suka mengajak Anda untuk menonton Iron Man, Transformer, Spiderman, Thor, Captain America, Hulk, dan beberapa superhero lainnya yang sedang “naik daun” di bioskop-bioskop? Sebagai orang tua, tentu Anda ingin menuruti kemauan anak selama dirasa tidak negatif. Dulu saat Anda masih seumuran anak Anda, tentu Anda juga pernah menyukai sosok Superman. Banyak hal yang berbeda antara film superhero jaman dulu dengan film superhero jaman sekarang yang perlu Anda perhatikan serta dampak menontonnya bagi anak.
Film superhero saat ini banyak sekali yang mempertontonkan adegan dewasa dengan banyak adegan kekerasan dan adegan seks. Adegan-adegan ini pastinya sangat tabu untuk dilihat anak yang masih di bawah umur karena dapat mempengaruhi kondisi psikis mereka. Selain adegan-adegan di atas, adapula beberapa nilai yang kurang baik bagi anak-anak, misalnya balas dendam, berfoya-foya, dan bahkan mungkin terorisme.
Selain karena adegan-adegannya, menurut examiner.com sifat anak yang masih dalam tahap imitative akan menjadikannya sedikit membangkang. Misalnya ketika Anda melarang anak melakukan suatu hal lantaran berbahaya, si kecil malah menolak dengan cara menirukan tindakan “idola” mereka, seperti berkata, “papa, aku bekukan dengan laser ini”. Jika hal ini dibiarkan saja, si kecil akan terlalu menganggap diri mereka hebat dan tidak mau lagi mengikuti perintah orang tua. Bisa saja si kecil tumbuh menjadi anak yang nakal yang suka mem-bully teman-temannya di sekolah nantinya.
Untuk ayah dan bunda, cermat-cermatlah dalam memilih film yang pantas disaksikan si anak, agar anak berkembang baik dan tumbuh menjadi anak yang bisa diterima di masyarakat luas nantinya.
Oleh: Mazhi
 
Analisis Saya : Saya sangat setuju sekali dengan artikel ini. Saya pun sebagai penikmat film super hero masa kini seperti Captain America, Iron Man, Transformer, X-man, Green Lantern, Thor, Hulk, dan sebagainya merasa sangat beda sekali sosok super hero masa dahulu seperti Power Ranger, Ultraman, Kesatria Baja Hitam (Kamen Rider) dan sebagainya. Mengapa saya katakan berbeda, karena pada saat ini benar seperti yang di katakana di atas banyak terdapat unsure-unsur dewasa seperti adegan kekerasan dan adegan seks. Bahkan sudah hampir di setiap film super hero masa kini banyak terdapat adegan ‘ciuman’ nya. Tak hanya itu adegan kekerasannya semakin sadis, mencekam dan berbahaya tanpa adanya sensor dan batasan seperti super hero masa dahulu. Mungkin orang sekarangan mengatakan super hero sekarang berkembang mengikuti tahun dan super hero masa dahulu adalah bahasa kasarnya lebay, alay, aneh, gak modern, cupu, dan sebagainya. Tapi saya mempunyai pandangan tersendiri terhadap super hero masa dahulu, ambil contoh Kamen Rider Kuuga. Super hero yang sampai sekarang masih saya sukai dan idolai ini tidak terdapat adegan ciuman dan bahkan pertarungan sang jagoan (Kuuga) terhadap musuh atau monster – monsternya terkesan lebay, alay dan cupu, tetapi ada sisi menarik yang bisa saya dapatkan yaitu ketika sang pemeran (jagoan / tokoh utama) Kuuga yang di perankan Joe Odagiri sebagai Godai Yusuke ialah pria homoris, periang, pekerja keras, dan suka menolong ini sangat menghargai dan menghormati gurunya. Ya, dalam episode 10 dan 11 Kamen Rider Kuuga di ceritakan bahwa Godai ingin bertemu guru SDnya yang mereka membuat janji beberapa tahun kemudian dan setelah mengalahkan monster dan musuh-musuhnya ia pun berlari menghampiri gurunya dengan bangganya dan ia pun begitu mengekspresikan rasa senangnya bertemu guru yang sekian lama tak ia kunjungi. Tak hanya itu di film Kamen Rider Kuuga ini banyak membahas sisi-sisi kehidupan. Mungkin itulah sedikit perbedaan super hero masa dahulu dan masa sekarang. Walaupun super hero sisi sekarang memiliki effect tingkat tinggi, ledakan, view, dan alur cerita yang sangat jenius tapi seharusnya adegan frontal kekerasan dan seks sedikit di kurangi untuk menunjukkan bahsa super hero layak di nikmati dari segala jenis usia. 

Dikutip dari : http://www.vemale.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar