Senin, 02 Desember 2013

Laporan Pendahuluan Compierre (16 Oktober 2013)

Laporan Pendahuluan Compierre (16 Oktober 2013)

Soal :
1.      Apa yang kalian ketahui tentang Sales Order?
2.      Sebutkan dan Jelaskan macam – macam dokumen pada Sales Order!
3.      Jelaskan yang kalian ketahui tentang Invoice!
4.      Jelaskan yang kalian ketaui tentang report pada Compiere!
Jawab :
1.      Sales Order merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan, dan Sales Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur.
2.      • Proposal: Non-binding offer (Penawaran tidak mengikat), yang dapat dikonversi secara manual ke Jenis Dokumen Penjualan lain.
• Quotation: Binding Offer (Penawaran Mengikat), yang secara otomatis akan mencadangkan stok barang dan dapat dikonversi ke Jenis Dokumen Penjualan lain.
• Standard Order : Order standard , yang mana secara otomatis akan mencadangkan stok barang. Shipment Dan Invoice dapat dihasilkan secara manual.
• Warehouse Order: Barang-Barang diambil dengan suatu Delivery note (Catatan Delivery).
3.      Invoice/Faktur penjualan adalah dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh customer. Dalam bentuk sederhana dikenal dengan nama BON. Pada transaksi yang nominalnya relatif kecil, invoice digunakan langsung sebagai dokumen tagihan sedangkan pada perusahaan yang nominal transaksinya besar, biasanya dilengkapi dengan surat tagihan atau kwitansi.
Invoice merupakan surat tagihan yang bersifat komersial. Surat tagihan tersebut dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Invoice tersebut berisi keterangan dan informasi yang berkenaan dengan transaksi yang dilakukan antara kedua belah pihak. Singkatnya Invoice adalah surat perjanjian antara penjual dan pembeli atau bukti dari bentuk segala transaksi yang kita lakukan, baik itu perorangan maupun perusahaan
4.      Berisi form-form laporan dari setiap transaksi pejualan/pemesanan yang dilakukan. 

Sumber : Soal – soal di atas adalah Laporan Pendahuluan Compierre pada praktikum LABSI di Universitas Gunadarma yang saya ikuti pada tanggal 16 Oktober 2013. Semoga dapat membantu teman – teman sekalian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar