Senin, 02 Desember 2013

Soal buat Ujian Compiere

Soal buat Ujian Compiere :
1. Instalasi Compiere yang dibutuhkan apa saja?
2. 3 path apa saja?
3. 3 ERP modul apa saja?
4. 3 Jenis Businnes Partner apa saja?
5. Contoh produk pada Compiere?
6. Aturan pembayaran pada COmpiere?
( Kurang lebih ini yang saya catat pada saat kakak asistannya menerangkan kisi – kisi untuk Ujian apa aja, karena menurut saya penting jadi saya tulis dan nyatanya keluar juga pas Ujian)

Soal dari Tes Pendahuluan  :
1. Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang ERP?
2. Sebutkan dan jelaskan modul-modul yang ada didalam ERP?
3. Sebutkan contoh-contoh Software ERP?
4. Jelaskan yang kalian ketahui tentang Compiere?

Soal dari Laporan Pendahuluan 1 :
1. Apa yang anda ketahui tentang bisnis partner?
2. Jelaskan yang dimaksud CRM !
3. Sebutkan dan jelaskan produk compierre?
Jawab :
1.Business Partner adalah suatu entity (badan/pihak) yang melakukan bisnis dengan perusahaan . Ada tiga jenis Business Partner yang berbeda : Vendor (Pemasok), Customer (Pelanggan ) Dan Employee (Karyawan) . Konsep Business Partner Compiere jauh lebih fleksibel  dibanding kebanyakan aplikasi, karena suatu Business Partner bisa merupakan suatu Vendor, suatu Customer, suatu Employee atau kombinasi ke tiganya.
2. CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) Pengertian CRM adalah manajemen hubungan pelanggan yaitu suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata pelanggannya, meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction).
3.Produk di dalam Compiere adalah sesuatu yang anda jual dan/atau beli, atau sesuatu yang anda simpan dan mempunyai suatu Harga.
Contoh Produk adalah:
• Items (barang)
• Services (jasa)
• Resources (sumber daya)
• Expense Types (jenis pembiayaan)
Items/barang adalah barang-barang yang secara fisik anda jual. Sedangkan
Service /Jasa adalah sesuatu (non fisik) yang tidak terbatas dalam kaitannya dengan ketersediaan sumber dayanya. Expenses (Biaya) adalah sesuatu yang dapat ditagihkan, sebagai contoh, konsultan yang membuat biaya perjalanannya dapat di tagih ke pelanggan anda.

Soal dari Laporan Pendahuluan 2 :
1. Apa yang kalian ketahui tentang Sales Order?
2. Sebutkan dan Jelaskan macam – macam dokumen pada Sales Order!
3. Jelaskan yang kalian ketahui tentang Invoice!
4. Jelaskan yang kalian ketaui tentang report pada Compiere!
Jawab :
1. Sales Order merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan, dan Sales Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur.
2.• Proposal: Non-binding offer (Penawaran tidak mengikat), yang dapat dikonversi secara manual ke Jenis Dokumen Penjualan lain.
• Quotation: Binding Offer (Penawaran Mengikat), yang secara otomatis akan mencadangkan stok barang dan dapat dikonversi ke Jenis Dokumen Penjualan lain.
• Standard Order : Order standard , yang mana secara otomatis akan mencadangkan stok barang.
Shipment Dan Invoice dapat dihasilkan secara manual.
• Warehouse Order: Barang-Barang diambil dengan suatu Delivery note (Catatan Delivery).
3. Invoice/Faktur penjualan adalah dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh customer. Dalam bentuk sederhana dikenal dengan nama BON. Pada transaksi yang nominalnya relatif kecil, invoice digunakan langsung sebagai dokumen tagihan sedangkan pada perusahaan yang nominal transaksinya besar, biasanya dilengkapi dengan surat tagihan atau kwitansi.
Invoice merupakan surat tagihan yang bersifat komersial. Surat tagihan tersebut dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Invoice tersebut berisi keterangan dan informasi yang berkenaan dengan transaksi yang dilakukan antara kedua belah pihak. Singkatnya Invoice adalah surat perjanjian antara penjual dan pembeli atau bukti dari bentuk segala transaksi yang kita lakukan, baik itu perorangan maupun perusahaan
4. Berisi form-form laporan dari setiap transaksi pejualan/pemesanan yang dilakukan. 

Analisis Saya : Soal – soal di atas adalah Kumpulan soal dimana dari Kisi – kisi yang dikasih kaka asisten, Tes Pendahuluan  sampai dengan Laporan Pendahuluan Compierre pada praktikum LABSI di Universitas Gunadarma yang saya catat dan rangkum. Buat Kisi – kisi yang dikasih kaka asisten dan Tes Pendahuluan belum sempat saya jawab karena itu siahkan dicari oleh teman-teman sekalian. Kurang lebih soalnya esay dan 95 % keluar oleh sebab itu hafalkan saya soal – soal tersebut berikut jawabannya. Semoga dapat membantu teman – teman sekalian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar