Salah satu fungsi utama multimedia
adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan
lingkungan belajaryang di tata dan diciptakan oleh guru.Menurut Hamalik dalam
buku Media Pembelajaran mengemukakanbahwa pemakaian media dalam pembelajaran
dalam proses belajarmengajardapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru.
Membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkanmembawa
pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Multimedia menurut Levie
dan Lentz, mengemukakan empat fungsimultimedia pembelajaran,
khususnya media visual, yaitu :
a.Fungsi atensi media visual yang
merupakan latihan, yaitu menarik danmengarahkan perhatian siswa untuk
berkonsentrasi kepada isi pelajarandengan berkaitan dengan makna visual yang
ditampilkan / menyertaimateri pelajaran.
b. Fungsi afektif visual dapat di
lihat dari tingkat kenikmatan siswa ketikabelajar (atau membaca) teks
bergambar.
c.Fungsi kognitif media visual
terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual
/ gambar dapat mencapaitujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau
pesanyang terkandung dalam gambar.
d. Fungsi kompensatoris media
pembelajaran terlihat dari hasil penelitianbahwa media visual yang
memberikan konteks untuk memahami teksmembantu siswa yang lemah dalam membaca
untuk mengorganisasikaninformasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Selain
itu menurut Jerome Bruner membagi alat instruksional dalam empat macam
fungsinya yaitu :
a. Alat untuk menyampaikanpengalaman
“vocarious”, yaitu menyajikanbahan kepada murid-murid yang sedianya tidak dapat
mereka perolehdengan pengalaman langsung yang lazim di sekolah.
b. Alat model yang dapat memberikan
pengertian tentang struktur atauprinsip suatu gejala. Misalnya model molekul
atau pernafasan, tetapi jugaeksperimen atau demonstrasi juga program yang
memberikan langkahlangkahuntuk memahami suatu prinsip, atau struktur pokok.
c. Alat dramatisasi, yakni yang
mendramatisasi sejarah / peristiwa atau tokoh, filem tentang alam yang
memperlihatkan perjuangan untuk hidup,untuk memberi pengertian tentang suatu
ide atau gejala.
d. Alat automatisasi “teaching
machine” atau pelajaran berprogram, yangmenyajikan suatu masalah dalam urutan
yang teratur dan memberi feedbacktentang responds murid. Alat ini dapat
meringankan beban guru.10Dengan demikian secara umum multimedia berfungsi untuk
mengatasihambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik dalam kelas, sikap
pasifsiswa, dan upaya mempersatukan pemahaman siswa.
PERANAN MULTIMEDIA DIBERBAGAI BIDANG
A. Bidang Pendidikan
Secara umum manfaat
yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran
lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu
mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat
ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat
dilakukan di mana dan kapan saja, serta
sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat di atas
akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan
dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu:
1
1.Memperbesar benda yang
sangat kecil dan tidak tampak oleh
mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
2.Memperkecil benda yang
sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan
ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
3.Menyajikan benda atau
peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung
cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya
suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya
bunga dll.
4.Menyajikan benda atau
peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang,
salju, dll.
5.Menyajikan benda atau
peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung
berapi, harimau, racun, dll.
6.Meningkatkan daya
tarik dan perhatian siswa.
Berikut merupakan contoh penggunaan
multimedia dalam bidang pendidikan :
Kamus
Multimedia ElektronikKamus
multimedia elektronik merupakan salah satu contoh bagaimana multimedia boleh
digunakan bagi tujuan pendidikan. Berbeda dengan kamus biasa, kamus multimedia
elektronik akan memaparkan makna dari suatu perkataan atau istilah yang
dikehendaki dengan menggunakan berbagai media seperti audio,video, grafik dan
animasi sehingga dapat dilakukan dengan lebih mudah dan berkesan
Eksperiman
atau Ujikaji
Penggunaan media seperti video dan animasi dalam sebuah proses eksperiman memperbolehkan pelajar untuk memahami dan menguasai konsep dengan lebih mudah.
Penggunaan media seperti video dan animasi dalam sebuah proses eksperiman memperbolehkan pelajar untuk memahami dan menguasai konsep dengan lebih mudah.
Simulasi Proses Kerja
Terdapat berbagai jenis aplikasi yang memanfaatkan teknik simulasi yang boleh digunakan bagi tujuan pendidikan contohnya adalah simulasi penerbangan yang sering digunakan dalam latihan sistem penerbangan. Simulasi penerbangan ini memperbolehkan bakal pilot mengalami latihan seperti dalam keadaan yang sebenarnya yang meliputi audio, visual, interaktiviti dan sebagainya.
Bahan
Sejarah
Belajar sejarah juga menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan bantuan multimedia karena bahan-bahan sejarah boleh direkabentuknmya untuk menghasilkan persembahan secara lebih hidup dengan menggabungkan konsep gambar , animasi 3D dsb. Juga dapat dilihat pula video tentang keadaan sebenarnya tanpa perlu bergerak atau melawat ke lokasi sebenarnya yang mungkin sulit untuk dituju.
Belajar sejarah juga menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan bantuan multimedia karena bahan-bahan sejarah boleh direkabentuknmya untuk menghasilkan persembahan secara lebih hidup dengan menggabungkan konsep gambar , animasi 3D dsb. Juga dapat dilihat pula video tentang keadaan sebenarnya tanpa perlu bergerak atau melawat ke lokasi sebenarnya yang mungkin sulit untuk dituju.
Sumber
Rujukan Elektronik
Sumber rujukan elektronik merupakan
contoh penggunaan multimedia yang paling meluas digunakan. Ensiklopedia,
tutorial interaktif, buku elektronik merupakan beberapa contoh bagaimana
multimedia boleh digunakan sebagai sumber rujukan elektronik. Kebanyakan aplikasi
sumber rujukan ini menyediakan komponen multimedia yang boleh memberikan hasil
maksimal melalui penggunaan kesan bunyi , suara, gamabr, video, dan animasi.
Pendidikan
Permainan dan Hiburan
Proses pengajaran dan pembelajaran menjadi semakin menarik sekiranya ia diselang selingkan dengan elemen-elemen yang menghiburkan serta mampu memikat hati pelajar. Ini dapat diperoleh dengan aplikasi multimedia pendididkan yang menggunakan pendekatan berhibur sambil belajar ataupun bermain sambil belajar. Misalnya permainan yang dapat merangsang pemikiran pelajar dalam menyelesaikan masalah dll.
Proses pengajaran dan pembelajaran menjadi semakin menarik sekiranya ia diselang selingkan dengan elemen-elemen yang menghiburkan serta mampu memikat hati pelajar. Ini dapat diperoleh dengan aplikasi multimedia pendididkan yang menggunakan pendekatan berhibur sambil belajar ataupun bermain sambil belajar. Misalnya permainan yang dapat merangsang pemikiran pelajar dalam menyelesaikan masalah dll.
B. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan
jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan
komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan
komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di
terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam
kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal
laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga
penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat
menggunakan komputer.
C. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen
pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet
orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email
saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti
bisa diakses sedemikian cepatnya.
D. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka
body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang
dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer
pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan,
yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
E. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan
Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang
akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan
untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000
atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
F. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah ,
buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer
sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam
jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya,
seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk
mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu
berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
G. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting ,
animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik
yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan
animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh
film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan
animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga
tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar