Senin, 02 Desember 2013

Tugas Pengembangan Sistem Informasi



Tugas Pengembangan Sistem Informasi
Soal Latihan :
Sebuah poliklinik yang sedang berkembang ingin meningkatkan pelayanan kepada para pasiennya dengan cara membangun system pelayanan pasien yang dibantu oleh komputer, dengan system yang akan dibuat dibatasi hanya untuk medical record dan administrasi pembayaran. Ketika pasien mendaftar maka akan dilakukan pengecekan terhadap data yang telah disimpan untuk mencari apakah pasien tersebut pernah mendaftar atau belum. Apabila belum mendaftar maka data lengkap pasien akan dimasukkan sebagai salah satu bahan masukkan bagi dokter dalam melakukan diagnosa adalah catatan kesehatan pasien. Setelah selesai melakukan pemeriksaan dokter memberikan data tentang diagnosa pasien tersebut, serta menuliskan resep. Selanjutnya dokter juga harus melaporkan tentang terapi injeksi apa saja yang telah diberikan dalam catatan kesehatan pasien. Dari resep yang dibuat dokter dikeluarkan biaya tentang obat yang harus dibayar. Selanjutnya petugas poliklinik akan menyerahkan obat serta rincian biasa tersebut (biaya obat & biaya pemeriksaan). Data tentang pemakai obat juga harus dilakukan. Direktur poliklinik berharap agar system yang akan dibuat dapat memberikan laporan keuangan dan laporan pemakaian.
Jawab :
Dari soal di atas menurut jawaban saya adalah Data Flow Diagram (DFD) untuk sistem pelayanan pasien berbasis computer :
A.Diagram Konteks
 

B.Diagram Zero



KETERANGAN:
D1 : File data pasien
D2: File data kesehatan
D3 : File laporan keuangan
D4: File pemakaian obat
W : Alur cek data pasien
W1: Alur input data pasien
X : Meminta data kesehatan
X1: menyimpan data kesehatan
Y: menyimpan laporan keuangan
Z: menyimpan data pemakaian obat
1.1: Proses diagnosa
1.2: Proses administrasi


Analisis Saya : Soal di atas adalah soal terpanjang yang pernah saya tulis, hehehhe. Tugas di atas adalah Tugas Pengembangan Sistem Informasi mata kuliah yang saya dapat pada tingkat 4 semester 7 ini. Adapun jawaban yang saya gunakan di atas adalah jawaban teman saya Pebriano Ramadhan. Dia mengajarkan saya dan teman – teman lain, sehingga saya dan teman – teman yang lain pun sepakat untuk menggunakan jawaban tersebut. Semoga membantu teman – teman sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar