- Surat Elektronik (email)
Dengan
aplikasi sederhana seperti email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan
mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. Dalam kegiatan di luar kampus
mahasiswa yang menghadapi kesulitan dapat bertanya lewat email.
- Kegunaan Email Untuk Pendidikan
Dengan adanya
email maka seorang pelajar dapat dengan mudah berkomunikasidengan orang lain.
Selain iu dengan adanya email akan semakin memudahkankomunikasi antara
mahasiswa atau siswa terhadap dosen atau guru, karena tugas-tugasdapat dikirim
melalui email saja tanpa terlu mengeluarkan banyak biaya. Cepat yaitudengan
hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
HematsumberdayaKita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta
printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang
tidak sedikitmengeluarkan biaya. Global yaitu E-mail bisa digunakan oleh siapa
saja, di mana saja,dan kapan saja sebagai sarana komunikasi diseluruh penjuru
dunia
- Pengelolaan Sistem Informasi
Ilmu
pengetahuan tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar
tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali
sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Beberapa
informasi telah disimpan dalam bentuk disket atau Hard Disk, namun perlu
dikembangkan lebih lanjut sistem agar informasi itu mudah dikomunikasikan.
Mirip halnya dengan perpustakaan elektronik, informasi ini sifatnya lebih
dinamik (karena memuat hal-hal yang mutakhir) dapat dikelola dalam suatu
system.
- Video Teleconference
Keberadaan
teknologi ini memungkinkan mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan,
saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana
diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan
pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang
bersifat social. Banyak faktor yang mempengaruhi dilaksanakan atau tidaknya
potensi teknologi telematika. Faktor utama, menurut Miarso (2004) adalah adanya
komitmen politik dari para pengambil kebijakan dan ketersediaan para tenaga
terampil.
Kegunaan video conference dalam
pendidikan :
Bagi dunia pendidikan, Saling tukar informasi dengan institusi
pendidikan lain secara langsung. Presentasi / Pendidikan yang disampaikan dari
ahli dapat menjangkau jumlah lebih banyak siswa, siswa daerah/ kota/ negara
lain ( distance learning) . Video conference juga sangat berperan dalam
komunikasi antar Dewan guru, staff dan murid murid.
Video conference mempunyai banyak manfaat bagi aktivitas pendidikan
mahasiswa dan dosen, yang dapat mengurangi biaya perjalanan, menghemat waktu,
memberikan dan saling bertukar informasi dan pengetahuan yang baru.
Fungsi Video Conference :
* Membuat komunikasi lebih aktif
* Memudahkan pengguna jaringan telekomunikasi
* Menghindari kesalah pahaman
* Menghemat waktu
* Tanpa perlu bepergian
* Menghemat pengeluaran biaya
Fungsi Video Conference :
* Membuat komunikasi lebih aktif
* Memudahkan pengguna jaringan telekomunikasi
* Menghindari kesalah pahaman
* Menghemat waktu
* Tanpa perlu bepergian
* Menghemat pengeluaran biaya
- E-Learning
E-Learning
terhadap kegiatan pembalajaran di kelas (classroom instruction), yaitu :
a.
Suplemen (tambahan), mahasiswa mempunyai kebebasan memilih apakah akan
memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. Sekalipun sifatnya
hanya bersifat optional, mahasiswa yang memanfaatkannya tentu akan memiliki
tambahan pengetahuan atau wawasan, walaupun materi pembelajaran elektronik
berfungsi sebagai suplemen.
b. Komplemen (pelengkap), apabila materi pembelajaran elektronik diprogram untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima mahasiswa di dalam kelas. Sebagai komplemen berarti materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) yang bersifat enrichment atau remedial bagi pengajar dalam megikuti kegiatan pembelajaran konvensional.
c. Substitusi (oengganti) berfungsi agar para mahasiswa dapat secara fleksibel mengelola kegiatan perkuliahannya sesuai dengan waktu dan aktifitas lainnya yang dikerjakan mahasiswa sehari-hari. Ada 3 alternatif model kegiatan pembelajaran yang dapat dipiih peserta didik, yaitu : (1) sepenuhnya secara tatap muka (konvensional), (2) sebagian secara tatap muka dan sebagian melalui internet, atau bahkan (3) sepenuhnya melalui internet.
b. Komplemen (pelengkap), apabila materi pembelajaran elektronik diprogram untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima mahasiswa di dalam kelas. Sebagai komplemen berarti materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) yang bersifat enrichment atau remedial bagi pengajar dalam megikuti kegiatan pembelajaran konvensional.
c. Substitusi (oengganti) berfungsi agar para mahasiswa dapat secara fleksibel mengelola kegiatan perkuliahannya sesuai dengan waktu dan aktifitas lainnya yang dikerjakan mahasiswa sehari-hari. Ada 3 alternatif model kegiatan pembelajaran yang dapat dipiih peserta didik, yaitu : (1) sepenuhnya secara tatap muka (konvensional), (2) sebagian secara tatap muka dan sebagian melalui internet, atau bahkan (3) sepenuhnya melalui internet.
Kegunaan e-Learning
- Dapat dilakukan kapan saja dan dimana
saja.
- Lebih menghemat biaya dan waktu.
- Standar materi terjamin dengan baik.
- Memperkuat pembelajaran tradisional dalam kelas.
- Kuota peserta tidak terbatas.
- Lebih menghemat biaya dan waktu.
- Standar materi terjamin dengan baik.
- Memperkuat pembelajaran tradisional dalam kelas.
- Kuota peserta tidak terbatas.
§
Perpustakaan Elektronik
Perpustakaan
yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan
internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif
dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress
merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian
informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar