Selasa, 25 Juni 2013

Kuis Sistem Informasi Akuntansi - Penjelasan keuntungan dan kelemahan pendekatan sentralisasi & desentralisasi, serta mengapa peralatan biometric meningkat popularitasnya

KUIS SIA


SOAL :
1.      Teman anda memiliki perusahaan dengan kantor di beberapa lokasi dan bertanya pada anda apakah dia seharusnya mengimplementasikan system proses data sentralisasi, desentralisasi atau terdistribusi. Buat penjelasan yang menjelaskan keuntungan dan kelemahan setiap pendekatan?
2.      Sistem keamanan biometric telah menjadi solusi yang efektif dari segi biaya untuk mengatasi peningkatan masalah keamanan computer. Alat keamanan ini mengukur ciri-ciri fisik unik kita, seperti pola suara, ciri fisik mata dan sidik jari, serta dinamika tanda  tangan. Sistem yang ideal harus andal dan tetap cukup fleksibel untuk menerima perubahan kecil dalam karakteristik fisik seperti jari yang terluka atau suara yang serak. System tersebut mensyaratkan pemakai untuk secara fisik hadir jika ingin mendapatkan akses. Hertz dan Security Pasifik Bank adalah dua perusahaan yang sedang mencoba untuk menggunakan teknologi baru ini. Bagi kedua perusahaan tersebut alat keamanan tersebut akan membantu memastikan bahwa hanya orang-orang yang memiliki otorisasi sajalah yang mendapatkan akses ke system computer dan operasi dan operasi lainnya yang berhubungan dengan system tersebut.
Mengapa peralatan biometric meningkat popularitasnya? Apa sajakah keuntungan dan kelemahan dari system ini jika dibandingkan dengan standar keamanan tradisional, seperti password dan pintu di kunci?
JAWABAN :
1.                  Pengertian sistem proses data sentralisasi adalah sistem pemrosesan data yang dilakukan oleh suatu bagian terpisah dengan kata lain data ini diproses oleh bagian tersendiri oleh suatu bagian terpisah dalam sebuah sistem organisasi. Atau jawaban lainnya yaitu Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Bahkan pada zaman kerajaan, pemerintahan kolonial, maupun di zaman kemerdekaan. Istilah sentralisasi sendiri sering digunakan dalam kaitannya dengan kontrol terhadap kekuasaan dan lokasi yang berpusat pada satu titik. Dewasa ini, urusan- urusan yang bersifat sentral adalah Luar Negri, Peradilan, Hankam, Moneter dalam arti mencetak uang, menentukan nilai uang, dan sebagainya, dan Pemerintahan Umum.
            Keuntungan: Data yang telah diproses akan lebih jelas sehingga tidak mempersulit sebuah perusahaan atau organisasi untuk mengambil sebuah keputusan yang disebabkan oleh perbedaan pendapat,karena kantor pusatlah yang akan mengambil sebuah keputusan. Dan Kelebihan sistem ini adalah di mana pemerintah pusat tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat.
            Kelemahan: Pemrosesan data akan memerlukan waktu yang lebih lama sehinnga dampaknya adalah waktu pengambiam keputusanpun menjadi lebih lama juga dan Kelemahan dari sistem sentralisasi adalah di mana seluruh keputusan dan kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama.

            Pengertian sistem proses data desentralisai pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan sistem sentralisasi hanya saja setiap bidang pada sebuah organisasi mempunyai kontrol terhadap sistem pengolahan data pada bidang masing-masing. Atau jawaban lainnya yaitu Desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur organisasi. Pada saat sekarang ini banyak perusahaan atau organisasi yang memilih serta menerapkan sistem desentralisasi karena dapat memperbaiki serta meningkatkan efektifitas dan produktifitas suatu organisasi.
            Keuntungan: Sistem pemrosesan data akan lebih cepat karena data diproses dikantor cabang dan tanpa campur tangan kantor pusat. Dan Kelebihan sistem ini adalah sebagian besar keputusan dan kebijakan yang berada di daerah dapat diputuskan di daerah tanpa adanya campur tangan dari pemerintahan di pusat.
            Kelemahan: Pemrosesan data pada tingkat kantor cabang dapat mengakibatkan sebuah pengambilan keputusan yang kurang terkontrol dan kemungkinan dapat dimanfaatkan oleh oknum-oknum pegawai kantor cabang untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Namun Kekurangan dari sistem desentralisasi pada otonomi khusus untuk daerah adalah euforia yang berlebihan di mana wewenang tersebut hanya mementingkat kepentingan golongan dan kelompok serta digunakan untuk mengeruk keuntungan pribadi atau oknum.

            Pengertian sistem proses data terdistribusi adalah untuk menyatukan kemampuan dari sumber daya (baik yang berupa sumber komputasi ataupun sumber informasi) yang terpisah secara fisik, ke dalam suatu sistem gabungan yang terkoordinasi dengan kapasitas yang jauh melebihi dari kapasitas individual komponen-komponennya.
Keuntungan:
* Kinerja yang lebih baik karena data ditempatkan di tempat yang sesuai dengan kebutuhan dan komputer-komputer dalam sistem dapat bekerja secara paralel, sehingga pembebanan pada komputer (server) menjadi seimbang.
* Alasan ekonomis, yaitu bahwa merancang sistem yang terdiri atas jaringan komputer-komputer kecil (sederhana) dibandingkan dengan mengimplementasikan komputer tunggal yang canggih.
* Alasan modularitas, yaitu bahwa sistem-sistem yang bekerja dalam basis data terdistribusi dapat dimodifikasi, ditambah, atau dikurangi tanpa memengaruhi modul lain (sistem lain dalam basis data terdistribusi). Dengan pembagian lokasi data, jika terjadi masalah atau musibah pada sistem, tidak semua data terancam, melainkan hanya data pada tempat-tempat tertentu.
* Alasan organisasi dan otonomi pada sistem-sistem yang berpartisipasi, misalnya pada suatu kantor perusahaan, terdapat beberapa departemen. Dengan pengolahan data terdistribusi, data-data perusahaan dapat disebar ke tiap-tiap departemen yang bertanggung jawab atasnya.
Kelemahan:
* Masalah kompleksitas yaitu tidak mudah menyajikan data terdistribusi yang tersebar namun terlihat sebagai sebuah kesatuan.
* Keamanan data yaitu semua titik diamana data terdistribusi harus benar-benar diproteksi.
* Kendala dalam mempertahankan intregritas.

2.      Mengapa peralatan biometrik meningkat popularitasnya?
            Karena perkembangan teknologi yang semakin modern akan semakin mewajibkan seseorang untuk memakai peralatan modern juga,selain itu peralatan bimetrik lebih bagus dan aman dari segi keamanannya dan juga para pengguna biometrik tidak perlu memperbarui identitasnya dalam sistem hak akses hal ini disebabkan karena sidik jari,retina,dna seorang pengguna peralatan biometrik tidak dapatberubah. Dan bisa juga karena saat ini teknologi yang umum untuk mengenali seseorang di dunia digital adalah pasangan user ID dan password. Teknologi ini dirasakan memiliki banyak kekurangan sehingga akhir-akhir ini ada kecenderungan untuk menggunakan sistem keamanan lain yang lebih baik. Salah satu keamanan yang dianggap paling akurat adalah sistem biometrik. Perangkat biometrik mengenali orang dari ciri-ciri fisiknya. Misalnya dengan sidik jari, sidik telapak tangan, pengenalan wajah, pengenalan retina, pengenalan suara, dll. Ciri-ciri fisik tersebut bersifat unik satu dengan yang lain.


Keuntungan dibandingkan dengan standar keamanan tradisional yaitu sistem keamanan bionetrik:
1.      Tidak dapat diduplikasi
2.      Tidak perlu memperbarui data
3.      Tidak membutuhkan kartu, password dan lainnya
4.      Tidak perlu menghafal password
5.      Tidak perlu membawa id card
6.      Tidak membutuhkan dokumen
Dan Kelemahannya adalah :
1.      Membutuhkan tenaga yang ahli dibidangnya
2.      Membutuhkan biaya yang lebih mahal
3.      Sistem ini belum teruji sepenuhnya
4.      Mengalami cedera fisik seperti tangan tergores, dan suaranya serak maka ia idak dapat menggunakan atau masuk kedalam sistem pengamannya karena ketidak cocokan identisas fisik tersebut.

Analisis Saya : Kuis ini adalah tugas mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi yang saya dapat pada tingkat 3 semester 5. Dengan dosen Bapak Rino Rinaldo. Adapun Kuis ini adalah membahas tentang penjelasan yang menjelaskan keuntungan dan kelemahan setiap pendekatan dalam sentralisasi & desentralisasi, serta mengapa peralatan biometric meningkat popularitasnya? Apa sajakah keuntungan dan kelemahan dari system ini jika dibandingkan dengan standar keamanan tradisional, seperti password dan pintu di kunci. Apabila dalam Kuis di atas masih terdapat kekurangan dan kesalahan saya menerima dengan terbuka koreksinya. Dan semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar