Selasa, 25 Juni 2013

Soal – Soal Latihan Mata Kuliah Jaringan Komputer

Soal - soal Jaringan Komputer :

1. Berikut ini yang tidak termasuk dalam Automatic repeat request adalah……
A. Pendeteksian kesalahan
B. Negative acknowledgement dan pengiriman ulang
C.Pendeteksian dan pengoreksian kesalahan
D.Positive acknowledgment
(jawaban C.Pendeteksian dan pengoreksian kesalahan, karena Pendeteksian dan pengoreksian kesalahan tidak termasuk dalam Automatic repeat request, tetapi termasuk ke dalam Error Control)

2. Berikut ini yang tidak termasuk dalam Cara memasukkan urutan dalam scrambling adalah…..
A. Harus bisa dikenali oleh receiver dan diganti dengan yang asli
B. Harus bisa dikenali oleh receiver dan diganti dengan yang asli
C. Panjangnya sama dengan yang asli
D. Panjangnya tidak harus sama dengan yang asli
(jawaban D. Karena semua benar kecuali yang Panjangnya tidak harus sama dengan yang asli)

3. Dalam masing-masing Layer pada model OSI terdapat Session. Session tersbut memiliki fungsi……
A. menyediakan struktur kontrol untuk komunikasi antara aplikasi; mewujudkan, menata dan memutuskan koneksi (session) antara aplikasi bersama.
B. untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima.
C. untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer3.
D. untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
(jawaban A. Karena Session Berfungsi menyediakan struktur kontrol untuk komunikasi antara aplikasi; mewujudkan, menata dan memutuskan koneksi (session) antara aplikasi bersama.)

4. Semakin terbatas bandwidth, maka semakin …... dan semakin......
A. besar distorsi , kecil kemungkinan error pada receiver
B. besar distorsi , besar kemungkinan error pada receiver
C. kecil distorsi , kecil kemungkinan error pada receiver
D. kecil distorsi , besar kemungkinan error pada receiver
(jawaban B. Karena Semakin terbatas bandwidth, semakin besar distorsi dan semakin besar kemungkinan error pada receiver)

5.Berikut ini yang tidak termasuk dalam Lima faktor yang perlu dinilai atau dibandingkan dari berbagai teknik komunikasi adalah……
A. Clocking : menentukan awal dan akhir dari tiap posisi bit dengan mekanisme synchronisasi yang berdasarkan pada sinyal transmisi.
B. Deteksi error : dibentuk dalam skema fisik encoding sinyal.
C. Bandwidth : peningkatan bandwidth dapat meningkatkan data rate.
D. Biaya dan kesulitan : semakin tinggi kecepatan pensinyalan untuk memenuhi data rate yang ada, semakin besar biayanya.
(jawaban C. Karena Bandwidth : peningkatan bandwidth dapat meningkatkan data rate. merupakan Faktor yang menentukan sukses dari receiver dalam mengartikan sinyal yang datang dan bukan merupakan salah satu dari Lima faktor yang perlu dinilai atau dibandingkan dari berbagai teknik komunikasi)

6. Nonreturn-to-Zero-Level (NRZ-L) adalah ……
A. suatu kode dimana tegangan negative dipakai untuk mewakili suatu binary dan tegangan positif dipakai untuk mewakili binary lainnya.
B. suatu kode dimana tegangan negative dipakai untuk mewakili suatu binary dan tegangan negatif dipakai untuk mewakili binary lainnya.
C. suatu kode dimana tegangan positif dipakai untuk mewakili suatu binary dan tegangan positif dipakai untuk mewakili binary lainnya.
D. suatu kode dimana tegangan positif dipakai untuk mewakili suatu binary dan tegangan negatif dipakai untuk mewakili binary lainnya.
(jawaban A. Nonreturn-to-Zero-Level (NRZ-L) yaitu suatu kode dimana tegangan negatif
dipakai untuk mewakili suatu binary dan tegangan positif dipakai untuk mewakili binary lainnya)

7. Berikut ini adalah empat karakteristik penting dari interface adalah....
A. Mekanikal, Elektrikal, Prosedural dan Receiver
B. Mekanikal, Elektrikal, Fungsional, dan Prosedural
C. Elektrikal, Fungsional, Receiver, dan Transmission
D. Elektrikal, Receiver, Mekanikal, dan Prosedural
(jawaban B. Empat karakteristik penting dari interface : Mekanikal, Elektrikal, Fungsional, dan Prosedural)

8. Dalam sebuah contoh hubungan komputer dengan printer adalah termasuk kedalam jenis......
A. Half-duplex link
B. Full-duplex link
C. Pass-duplex link
D. Simplex transmission
(jawaban D. Simplex transmission, aliran sinyal selalu dalam satu arah. Contoh : hubungan komputer dengan printer. Transmisi simplex ini jarang dipakai karena tidak mungkin untuk mengirim error atau sinyal kontrol kembali melalui link ke sumber data).

9. Berikut yang tidak termasuk kedalam teknik dasar encoding atau modulasi untuk mengubah data digital menjadi sinyal analog adalah.....
A. Amplitude-shift keying (ASK)
B. Binary-shift keying (BSK)
C. Frequency-shift keying (FSK)
D. Phase-shift keying (PSK)
(jawaban B. Binary-shift keying (BSK), Amplitude-shift keying (ASK), Frequency-shift keying (FSK), Phase-shift keying (PSK) termasuk ke dalam teknik dasar encoding atau modulasi).

10.  Gambar di bawah ini berikut adalah……


A. Transmisi asynchronous
B. Transmisi bit-oriented
C. Transmisi character-oriented
D. Transmisi synchronous
(jawaban A. Transmisi asynchronous, Transmisi bit-oriented dan Transmisi character-oriented termasuk ke dalam Transmisi synchronous)


Analisis Saya : Soal-soal di atas adalah soal yang di buat untuk memenuhi dan melengkapi nilai mata kuliah Jaringan Komputer, dimana mata kuliah tersebut saya dapatkan pada semester 6 tahun ini. Dan tugas membuat soal tersebut sebetulnya adalah tugas kelompok, tetapi kebetulan saya yang membuat soal-soal tersebut. Adapun materi yang di ajarkan pada perkuliahan Jaringan Komputer adalah sebagai berikut : Pengguna jaringan computer, Business application, Home  application, Mobile users, Struktur Jaringan, Media transmisi data, Ethernet, Modem, Acces Point, Flow control, Pendeteksi dan koreksi kesalahan, Pengertian Medium Access control, Channel allocation LAN, Tipe Jaringan, Protokol, Model referensi OSI, Model referensi TCP/IP, Pengertian Physical layer, Media, Data rate  dan bandwidth, Pengertian Data link layer, dan lain-lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar