Selasa, 25 Juni 2013

Jawaban LA Membuat Pohon Logika Anggota Keluarga


Berikut adalah Laporan Akhir dari Praktikum Prolog :
Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Prancis programmation en logique ( pemrograman logika ). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Prolog kurang lebih merupakan kombinasi kata-kata program dan logika, dan merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer pertama. Karena merupakan kode yang sangat sedrhana, menggunakan first order logic dan memiliki sedikit komputasi. Prolog menggunakan first order logic formal. Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, yang menggunakana algoritma konvensional sebagai tenik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal. Basic, Cobol dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang disebut heuristic dengan menggunakan pohon logika.




LOGIKA PROGRAM :
Dalam prolog kali ini saya membuat pohon logika anggota keluarga.
1.      Bentuk umum Bahasa indonesia : subjek-predikat-objek atau SPO, sedangkan
2.      Bentuk umum bahasa prolog : predikat-subjek-objek atau PSO.
contoh :
Bahasa Indonesia : Rahman merupakan kakek Yan
keterangan :
Rahman : subjek , kakek : predikat , Yan : objek
dalam bahasa prolog menjadi :
kakek (Rahman,Yan).
3.      Dalam menggunakan bahasa prolog harus di akhiri dengan tanda titik, tidak boleh ada spasi & di dalam kurung merupakan untuk subjek dan objek sedangkan di luar tanda kurung untuk predikat.
4.      Klik file -> new dalam program prolog untuk membuat notepad yang baru.
5.      Notepad untuk menyimpan bentuk umum bahasa prolog atau rumus bahasa prolog yang dikenal dengan "PSO" dan untuk merunning file dalam bahasa program bahasa prolog.
6.      Klik file -> consult dalam bahasa prolog untuk mengcompiled file yang kita buat dalam notepad.

Analisis Saya : Berikut adalah Laporan Akhir praktikum Prolog yang saya dapatkan pada semester 5 kemarin. Adapun Laporan Akhir tersebut didapat antara minggu kedua. Praktikum tersebut membuat tentang membuat membuat pohon logika anggota keluarga. Apabila dalam jawaban di atas terdapat kesalahan dan kekurangan saya menerima kritik dan saran dari teman-teman sekalian. Semoga LA di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar