Selasa, 25 Juni 2013

Soal LP Membuat Tabel, Menyusun Gambar, dan Membuat Hyperlink pada Dreamweaver

Soal LP Membuat Tabel, Menyusun Gambar, dan Membuat Hyperlink pada Dreamweaver
Soal LP Dreamweaver
1. Bagaimanakah langkah membuat tabel?
2. Bagaimanakah cara menyusun gambar sel pada tabel?
3. Bagaimanakah cara membuat hyperlink di dreamweaver?
Jawab :

1.  Dalam dreamweaver kita dapat mempermudah dalam pembuatan sebuah situs dengan menggunakan tabel. Dengan sebuah tabel suatu tulisan dapat ditempatkan di dalam tabel tanpa berpindah-pindah. Cara untuk membuat tabel adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi macromedia dreamweaver sampai muncul tampilan awal dreamweaver
  2. Klik icon table yang berada dibawah menu bar
  3. Isikan row (menambahkan baris), columns (untuk menambahkan colom), table width (untuk mengatur lebar tabel), border thikness (untuk menentuka ketebalan garis) > OK
  4. Maka hasilnya akan terlihat dengan jelas
Cara lain dalam membuat table pada Dreamweaver adalah :
Dari menu Insert, pilih Table. Atau tekan Ctrl + Alt + I.

Rows Jumlah baris
Columns Jumlah kolom
Width Lebar tabel yang bisa dinyatakan dalam persen maupun dalam pixel
Border Ukuran border tabel

            Untuk mengganti warna background pada tabel, letakkan pointer mouse pada cell (kolom atau baris yang akan Anda ganti warnanya lalu klik icon yang terletak pada Properties.
            Untuk mengganti warna background lebih dari satu baris atau kolom drag pointer mouse dari cell yang satu ke cell selanjutnya.
2.  Common Kategori Common pada Object panel terdiri dari :
Image; Memasukkan sebuah gambar atau image pada cursor. Dialog Box akan tampil sehingga anda dapat secara spesifik memilih file image yang anda inginkan.
Rollover Image; Kita dapat secara khusus memilih 2 file image yang akan di masukkan & membuat 2 file image tersebut secara rollover. Rollover adalah bila sebuah gambar atau image akan berubah menjadi gambar yang lain bila mouse pointer dikenakan pada image tersebut.
Table; Menempatkan atau membuat tabel.
Tabular Data; Membuat tabel, lalu mengisi tabel tersebut dengan data dari file yang lain (seperti Microsoft Excel atau dari database).
Navigation Bar; Memasukkan beberapa image untuk Navigasi masuk ke site yang lain.



Menyusun Image atau gambar
Ada  2 cara untuk memasukkan image pada Dreamweaver , dengan menggunakan main menu dan dengan menggunakan Object panel.
1. Klik kursor pada tempat dimana anda ingin memasukkan image.
2. Pilih menu Insert > Image
3. Tampak dialog box untuk memilih file image, buka folder images. Pilih file logo, pada dialog box sebelah kanan anda akan melihat preview dari image tersebut.
4. Klik select, maka image tersebut akan masuk pada dokumen anda.
5. Untuk cara penggunaan Object panel ; Klik button insert image pada Object panel.
6. Maka tampak tampilan dialog box yang sama, lakukan seperti  langkah sebelumnya.
7. Lalu susun gambar tersebut.

Membuat rollover image
Rollover image adalah suatu image yang akan berubah ketika pointer dari mouse diarahkan pada image tersebut. Rolover image terdiri dari 2 gambar atau image: image pertama akan tampak pada saat kita pertama kali loading browers, dan image kedua akan tampak ketika pointer diarahkan pada image tersebut.
Memasukkan tabel
Untuk memasukkan tabel ke dalam halaman homepage, pertama-tama letakkan kursor ke tempat yang diinginkan. Kemudian, pilihlah satu diantara 3 cara berikut ini :
1. Klik menu Insert – Table
2. Klik tombol “Insert table” pada Object Panel, kategori Common.
3. Tekan shortcut key : Ctrl+Alt+T
Kemudian akan muncul kotak dialog Insert Table lalu, Masukkan spesifikasi tabel yang diinginkan pada kotak dialog tersebut.
1. Isikan jumlah baris pada “Rows” dan jumlah kolom pada “Columns”.
2. Berikutnya, tentukan lebar tabel terhadap halaman.
3. Berikutnya, masukkan lebar border tabel yang diinginkan dalam satuan pixel. Jika dikosongi maka dianggap 0 (nol) dan tabel tidak diberi border.
4. Jika diinginkan, masukkan Cell Padding dan Cell Spacing. Cell Spacing artinya jarak antar sel dalam tabel, sedangkan Cell Padding artinya jarak dari border sel sampai dengan isi sel. Setelah selesai, klik tombol OK. Jika ingin membatalkan, tekan Cancel.
Setelah menekan tombol OK, maka tabel akan dimasukkan dalam halaman kita.

Saat ini, tabel dikatakan dalam keadaan terpilih (selected), yang ditandai dengan adanya garis hitam tebal di sekeliling tabel, dan 3 buah kotak hitam kecil yang disediakan untuk resizing. Dalam window Object Properties, terdapat beberapa properti tabel yang disebutkan, antara lain Rows (jumlah baris), Cols (jumlah kolom), W (lebar, width), H (tinggi, height), CellPad (cell padding), CellSpace (cell spacing), Align, Border, Bg Color (background color), Brdr Color (border color), Bg image (Bg image). Kita dapat bereksperimen dengan mengubah-ubah properti-properti tersebut. Caranya, isikan nilai (value) baru, kemudian tekan Enter.

3.         Hyperlink/Link digunakan untuk membuat struktur halaman web yang lebih rapi. Pengunjung yang memerlukan informasi yang lebih rinci dapat mencari pada halaman lain dengan berpedoman pada menu yang disediakan. Menu yang disiapkan dalam bentuk hyperlink tersebut harus direncanakan dengan baik. Dengan menu yang terstruktur baik, maka pengunjung akan mudah mengakses informasi yang disediakan. Hyperlink selain dipergunakan untuk membuka halaman lain di dalam website itu sendiri, juga bisa dikaitkan ke alamat lain yang berada di luar website, atau bisa juga dipergunakan untuk menunjukkan alamat email tertentu.

* Membuat link pada kata Home :
-  Sorotlah tulisan HOME yang akan kita jadikan hyperlink.
-  Pada panel Insert, klik tombol Hyperlink.                                                                                       -  Kotak Dialog Hyperlink akan muncul memperlihatkan form Text yang sudah berisi tulisan HOME. Form Link dapat di isi dengan nama file. Khusus untuk hyperlink HOME bisa di isi dengan file index.html. Form Target untuk sementara bisa di tinggalkan.
-  Klik OK untuk mengakhiri.

* Membuat Link Dengan Teks :
-  Buka kembali file anda yang bertuliskan “klik disini” kemudian blok pada tulisan tersebut.
File tersebut Save kembali dengan Save As dan beri nama file yang berbeda.
-  Selanjutnya pada Insert Bar klik pada Common dan pilih Hyperlink (yang bergambar rantai)
-  Akan muncul kotak dialog Hyperlink.
-  Pada Link masukkan file yang telah anda buat tadi.
-  Ubah target menjadi Self
-  Jangan lupa isi nama Title. Selanjutnya klik Ok.
-  Buat modifikasi dengan memasukkan kalimat pada tiap kolom tabel yang telah di buat dengan kata Home, Order, FAQs, Contact Us, About Us dll. Coba anda linkkan tiap kata tersebut diatas.
-  Terakhir Save file yang telah anda modifikasi ini

* Membuat Link Dengan Image :
Sederhana sekali caranya. Pilih menu Insert Bar pada Common kemudian klik Image dan masukkan pada halaman kerja atau tabel Dreamweaver 8 anda.
-  Klik pada gambar tersebut.
-  Pada kotak dialog Properties pada Link klik pada gambar folder dan pilih file atau halaman untuk link gambar tersebut
-  Jangan lupa untuk simpan file hasil modifikasi ini.

Analisis Saya : Berikut adalah Laporan Pendahuluan praktikum Dreamweaver yang saya dapatkan pada semester 5. Adapun Laporan Pendahuluan tersebut didapat antara minggu ketiga. Dan praktikum tersebut mempelajari tentang membuat tabel, menyusun gambar, dan membuat hyperlink pada Dreamweaver. Apabila dalam jawaban di atas terdapat kesalahan dan kekurangan saya menerima kritik dan saran dari teman-teman sekalian. Semoga LP di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar