Rabu, 26 Juni 2013

Tips Menghindari Radiasi pada Ponsel (Telepon Genggam)

Tips Menghindari Radiasi pada Ponsel (Telepon Genggam/Handphone)

Handphone atau telepon genggam pada saat ini sudah menjadi hal umum yang digunakan oleh manusia. Dan hampir semua orang memiliki telepon genggam masing-masing. Selain memudahkan untuk berkomunikasi secara efisien, ternyata telepon memiliki bahaya radiasi yang dapat menyebabkan kanker, bahkan kematian pada manusia. Radiasi dari ponsel ini memang menjadi problem yang sampai saat ini masih belum bisa diatasi. Radiasi gelombang radio pada ponsel memang bersiftas karsinogenik sehingga bisa memicu terjadinya kanker. Bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut di bawah ini ada sedikit tips untuk mengurangi radiasi pada telepon genggam.
  • Pada saat anda ingin menelpon seseorang dengan jangka waktu lebih dari 5 menit, usahakan untuk memakai headset. Pemakaian headset akan mengurangi terjadinya radiasi sinyal ponsel ke otak anda. Sebaiknya gunakan headset saat melakukan panggilan suara atau menelepon.
  • Dengan memberikan batasan penggunaan waktu bicara. Usahakan menelpon seperlunya saja dan sesingkat mungkin, selain untuk menghindari radiasi yang mempengaruhi otak kita hal tersebut juga termasuk untuk menghemat pulsa kita.
  • Usahakan tidak menaruh hanphone didalam saku. Hal ini sangat umum sekali dilakukan para pengguna handphone.
  • Hindari pemakaian handphone untuk anak-anak secara berlebihan. Anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda, sebaiknya menghindari pemakaian yang berlebihan pada anak-anak untuk aktivitas telpon.
  • Usahakan menggunakan handphone untuk melakukan panggilan dalam keadaan sinyal yang bagus. Apabila sinyal handphone lemah, hal tersebut akan lebih memberikan efek radiasi karena sinyal akan bekerja lebih berat mencari jaringan.
  • Jangan melakukan aktivitas telepon saat berada didalam lift. Karena dikhawatirkan radiasi yang ditimbulkan akan menjebak kembali ke pengguna handphone karena lift terbuat dari metal yang mampu memancarkan atau mengembalikan suatu pancaran gelombang radiasi.
  • Jika anda tidak menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama, usahakan untuk tidak meletakkan ponsel di dekat dengan badan anda. Misalnya jika anda ingin tidur, maka letakkan ponsel jangan disamping badan anda. Anda bisa meletakkan ponsel di meja atau di tempat yang lain.
  • Gunakan mode penerbangan atau flight mode. Pada mode ini, maka sinyal ponsel akan dimatikan dan otomatis radiasi ponse juga akan mati. Anda bisa menggunakan mode penerbangan pada saat anda di pesawat atau pada saat anda ingin tidur.
  • Matikan ponsel anda jika anda tidak menggunakan ponsel untuk jangka waktu yang cukup lama. Ini akan menghindari anda dari terkena radiasi ponsel.
            Menghindari radiasi hanphone merupakan salah satu langkah menjaga kesehatan kita. Memang hal tersebut sampai saat ini masih menjadi perdebatan dimana radiasi dari ponsel dapat menganggu kesehatan. Hanphone merupakan salah satu produk elektronik yang memancarkan gelombang sinyal. Meski semua itu masih dalam perdebatan, tidak ada salahnya bila sejak dini kita menghindari radiasi hanphone untuk menjaga kesehatan kita. Kasus tentang radiasi hanphone yang masih dalam perdebatan ternyata terungkap di Amerika, beberapa peneliti mengungkapkan bahwa terjadi beberapa kasus gangguan kesehatan yang terjadi karena radiasi handphone.

Analisis Saya : Disamping hal di atas masih banyak lagi upaca lainnya yang bias kita lakukan untuk menghindari dan mengurangi radiasi pada telepon genggam. Jika kita bisa memanfaatkan ponsel kita dengan baik dan benar, maka ponsel tersebut akan bermanfaat untuk kita. Semoga sedikit cara menghindari radiasi telepon genggam diatas dapat bermanfaat bagi kita semua para pengguna ponsel.

Sumber dan Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar