Selasa, 11 Juni 2013

Lam Hok Hei Mutiara Baru dari Hongkong

          Lam Hok Hei (Cina: 林学曦, lahir September 1991 di Hong Kong 18) adalah pemain sepak bola profesional Hong Kong Pertama yang bermain untuk klub Indonesia Persija Jakarta dengan status pinjaman dari klub Hong Kong Divisi sisi Biu Chun Rangers. Posisinya adalah striker. Mantan pelatih kepala Hong Kong Lai Sun Cheung menjelaskan Lam Hok Hei sebagai pemain berbakat dengan penuh potensi. Dia adalah pemain depan terbaik di Tim Sepakbola Nasional Hong Kong. Dengan usianya yang masih muda karirnya pun akan semakin berkembang.

            Lam Hok Hei memulai karir sepakbola profesionalnya di Hong Kong C. Pada tahun 2008, ia menandatangani untuk Biu Chun Rangers (Mantan dikenal sebagai Fourway Rangers). Dia cepat membangun dirinya sebagai anggota tim pertama reguler Biu Chun Rangers. Dia adalah seorang sensity depan untuk mencetak gol di garis depan, dia adalah orang yang bisa mengubah permainan.
Lam Hok Hei mencetak gol internasional pertamanya untuk Hong Kong pada 14 November 2012 melawan Timnas Malaysia di Stadion Shah Alam, dimana pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-1.
            Pada Januari 2013, Pahang FA mendekati Bos Rangers Philip Li dan bernegosiasi akan membeli dan membawa Lam Hok Hei ke Liga Super Malaysia. Tak hanya itu ia pun akan menawarkan Lam Hok Hei gaji bulanan US $ 7.000. Philip Li mengatakan ia akan membiarkan Lam membuat keputusan tentang masa depannya sendiri.
            Pada tanggal 18 Mei 2013, Lam Hok Hei mengumumkan bahwa ia telah bergabung dengan Indonesia Super League klub Persija Jakarta untuk kontrak pinjaman 4 bulan.
            Pada tanggal 26 Mei 2013, Lam Hok Hei membuat debut line-up nya untuk Persija Jakarta melawan Persidafon Dafonsoro, dan ia bermain selama sekitar 70 menit sebelum akhirnya di menit 74 ia di gantikan oleh Syahrizal karena cedera. Pada akhirnya debut Lam Hok Hei bersama Persija Jakarta berbuah manis dengan kemenangan tipis 1-0.
            Pada tanggal 1 Juni 2013 Lam Hok Hei membuat penampilan kedua melawan Persiwa Wamena, dalam pertandingan ini, Lam membuat asisten pertamanya ke Rachmat Afandi untuk mencetak gol, dan Persija Jakarta menang 3-0.
Pada tanggal 4 Juni 2013 pertandingan Persija kontra Persipura yang kembali di mainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Untuk pertama kali Lam Hok Hei bermain dan didukung oleh puluhan ribu The Jakmania yang hadir pada malam itu. Aksi – aksinya dan gocekan mautnya beberapa kali membuat repot pertahan Persipura yang dikomandoi Otavio Dutra dan Bhio Paulin keteteran. Kecepatannya menusuk dari sisi sayap pun membuat coach Jacksen F Thiago pun memberikan instruksi agar memperketat pengawalan terhadap Lam Hok Hei. Meskipun skor akhir berkesudahan dengan kekalahan 2-3 dari Persipura yang sekaligus kekalahan pertama Persija pada putaran kedua kali ini membawa nilai plus dan poin tersendiri bagi Lam Hok Hei. Akan tetapi hanya satu kekurangannya kata coach Bendol yaitu ia masih belum terbiasa dengan cuaca panas di Jakarta. Semoga untuk kedepannya Lam Hok Hei lebih terbiasa dengan cuaca panas di Indonesia, khususnya di Jakarta.
Fakta
Lam Hok Hei
林学曦

Informasi pribadi
Nama lengkap Lam Hok Hei
Tanggal lahir September 18, 1991 (umur 21)
Tempat lahir Hong Kong
Tinggi 1,80 m (5 ft 11 in)
Posisi bermain Maju
Informasi klub
Klub saat ini Persija Jakarta
(Pada pinjaman dari Biu Chun Rangers)
Nomor 18
Karier junior
2007-2008 Hong Kong C
Karier senior *
Tahun Tim Apps † (Gol) †
2008-2013 Biu Chun Rangers 84 (16)
2013 - → Persija Jakarta (pinjaman) 3 (0)
Tim Nasional ‡
2008-2009 Hong Kong U-17
2008-2009 Hong Kong U-20
2009-2010 Hong Kong U-23
2010 - Hong Kong 9 (2)
* Jumlah penampilan klub profesional dan gol dihitung hanya untuk liga domestik dan akurat per 20 Mei 2013.
† Penampilan (Gol).
‡ tim nasional caps dan gol benar pada 6 Februari 2013


Analisis Saya : Pada tulisan kali ini saya akan mengenalkan pada teman-teman kepada punggawa baru Persija Macan Kemayoran yang berasal dari Negara Hongkong. Dan ia pun tercatat sebagai pemain Timnas Hongkong. Ialah Lam Hok Hei. Walaupun usianya masih muda (21 tahun) tetapi bakat yang ia miliki sungguh hebat. Dan sampai tercium sampai ke Indonesia. Tak salah apabila klub sebesar Persija tertarik menggunakan jasanya. Pada pertandingan Persija Jakarta kontra Persipura Jayapura 4 Juni 2013 kemarin saya pun langsung mengagumi ia bermain. Visi, semangat, spirit, dan kecepatannya mengingatkan saya akan pemain Asia asal Korea Selatan Persija pada musim lalu yaitu Jeong Kwang Sik. Tetapi yang membedakan keduanya ialah posisi Lam Hok Hei yang dapat bermain sebagai striker, second striker dan melebar bermain di sayap. Sedangkan Jeong Kwang Sik bertipikal winger penyuplai bola. Dengan spirit dan stamina yang stabil serta semangat muda yang membara diharapkan Lam Hok Hei dapat membawa Persija pada posisi yang lebih baik lagi. Dan semoga untuk kedepannya Lam Hok Hei dapat memberikan konstribusi yang lebih maksimal kepada Persija. Kami tunggu aksi-aksimu anak muda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar